WELCOME

WELCOME TO MY BLOGSPOT :)

Rabu, 16 November 2011

PAUD


Pendidikan anak usia dini
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.
Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.
Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:
§  Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
§  Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.
Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.
Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini
§  Infant (0-1 tahun)
§  Toddler (2-3 tahun)
§  Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
§  Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)
PENTINGNYA PAUD
1.      PAUD  sebagai titik sentral pembangunan sumber daya manusia dan sangat fundamental
2.      PAUD memegang peranan penting dan menentukan bagi sejarah perkembangan anak selanjutnya,sebab merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak.
3.      Anak yang mendapatkan pembinaan sejak dini akan dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik maupun mental yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar,etos kerja,produktivitas,pada akhirnya anak akan mampu lebih mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.
4.      Merupakan masa golden (usia keemasan).dari perkembangan otak pada anak usia dini menempati posisi  yang paling vital yakni mencapai 80%  perkembangan otak
5.      Cerminan diri untuk melihat keberhasilan anak dimasa mendatang.Anak yang mendapatkan layanan baik semenjak usia 0-6 tahun memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang.Sebaliknya anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang memadai membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk mengembangkan hidup selanjutnya.
MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK USIA DINI
1.      Mengetahui hal-hal yang dibutuhkan oleh anak,yang bermanfaat bagi perkembangan hidupnya
2.      Mengetahui perkembangan tugas-tugas anak,sehingga dapat memberikan stimulasi kepada anak,agar dapat melaksanakan tugas perkembangan dengan baik.
3.      Mengetahui bagaimana membimbing proses belajar anak pada saat yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.
4.      Menaruh harapan dan tuntutan terhadap anak secara realistis
5.      Mampu mengembangkan potensi anak secara optimal sesuai dengan keadaan dan kemampuan.

4 komentar:

  1. kira-kira kl ada didik km yg lg berantem, km hrs ngapain ??

    BalasHapus
  2. menurut haidir paud ituh sendiri bagaimana?

    BalasHapus
  3. menurut aq, klo ada anak yang berantem ya pertama harus dipisah, yang ke dua harus diberi nasihat supaya tidak mengulanginya lagi....

    BalasHapus